Putih Telur Untuk Gilbert

Ihsanul Fikri
0


Sejak bekerja di outlet selular, ada kebiasaan lama yang saya lakukan kembali. Yaitu minum teh telur di pagi hari. Kebiasaan ini sebetulnya sudah ada sejak saya kecil. Saat saya masih punya bebek petelur di rumah. 

Sebagai yang paling kecil dirumah, saya ditugasi untuk mengambil telur bebek di kandang rumah, menghalau mereka ke sawah hingga menggembala agar bebek-bebek itu tidak sembarang masuk ke sawah orang. Imbalannya, meski tentu tidak setiap hari, saya dibuatkan teh telur oleh Amma. Teh telur sendiri merupakan minuman lokal khas minangkabau.

Berbeda dengan masakan minang lainnya yang beredar dimana-mana, lewat rumah makan padang. Di semarang, jarang ada yang menjual teh telur, bahkan dapat dikatakan langka. Sehingga sulit untuk mencarinya.

Tapi semua berbeda ketika saya bekerja di outlet. Ruko sebelah konter menjual telur bebek dengan harga yang cukup murah yaitu 2,500,00 rupiah. Sehingga kadangkala, saya membeli telur tersebut jika ingin membuat teh telur.

Karena teh telur hanya menggunakan kuning telur, putih telur yang saya pisahkan jadi tidak berguna. Sebab tidak ada kompor untuk memasak, minyak goreng pun kini dibrandrol dengan harga yang mahal. Untungnya ada gilbert, kucing liar yang sering datang pagi-pagi. Jadi saya pun menghibahkan putih telur itu ke dia. Gilbert senang bukan main, ia makan dengan lahap.

 


Bonus: Cara Penyajian Teh Telur 

Hal pertama yang dilakukan untuk menyediakan teh talua adalah menyiapkan bahan seperti sebutir telur itik atau telur ayam kampung, gula pasir, bubuk kayu manis, kopi dan susu kental manis. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan yang tak kalah penting, yaitu air teh tawar panas.

 

Berikut langkah-langkah membuat teh telur:

1. Pisahkan kuning telur dari putih telur, sebab yang dipakai adalah kuning telur.

2. Kuning telur yang sudah terpisah dimasukan ke dalam gelas dan dicampur dengan 1/2 sendok gula pasir.

3. Tambahkan kopi seujung sendok teh dan bubuk kayu manis dua ujung sendok teh

4. Setelah semuanya dimasukkan tinggal dikocok menggunakan sendok atau mixer sampai mengembang.

5. Setelah itu tuangkan air teh tawar panas ke dalam gelas secukupnya.

6. Jangan lupa ditambahi dengan susu kental manis lalu diaduk hingga larut.


Teh talua pun siap disajikan. Selamat menikmati!


Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)
Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !